Penyakit Gondok

Penyakit gondok atau struma merupakan suatu pembengkakan atau munculnya benjola yang cukup besar pda leher bagian depan atau samping (pada tenggorokan). Gondok terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.

Penyakit Gondok

Penyakit gondok dikenal sebagi penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya yodium dalam makanan sehari-hari. Akibat kekurangan yodium, terutama bila terjadi pada ibu hamil yang dapat berakibat pada kematian bayi atau bayi yang akan diahirkan mengalami keterlambatan mental dan atau tuli. Meski sang ibu tidak menderita penyakit gondok sekalipun.  Gondok juga dapat terjadi akibat gangguan pada kelenjar tiroid yang tidak mampu mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Penyakit Gondok

Penyakit Gondok

Gejala awal seseorang menderita gondok mudah dipahami dan dikenali, seperti :

  1. Sakit tenggorokan. Gejala ini merupakan gejala umum yang dirasakan, meskipun radang tenggorokan tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari timbulnya penyakit gondok.
  2. Selera makan yang mulai menurun dan berkurang. Ketika kelenjar tiroid terganggu pada tenggorokan, terjadi penurunan selera makan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan oleh susah menelan
  3. Mulut mulai terasa tegang dan nyeri saat mengunyah atau menelan makanan
  4. Ketika malam hari, suhu tubuh tinggi (panas)
  5. Terkadang sering mengalami telinga berdengung
  6. Timbul tonjolan kecil pada tenggorokan yang kemudian membengkak dan tonjolan semakin terlihat besar pada tenggorokan.

Sebenarnya penyakit gondok ini dapat dicegah denga mengatur pola makan yang seimbang dan mengatur asupan makanan yang mengandung yodium seimbang, agar kelenjar gondok dan kelenjar tiroid dapat berjalan baik dan normal.

Gangguan kelenjar gondok. Jika kelopak mata sembab menonjol, tapi bukan sakit mata, jemari gemetar, sering berdebar-debar walau tidak habis melakukan aktivitas fisik, badan terasa lebih panas (gerah) dari biasa, banyak berkeringat, kemungkinan ini gejala aktivitas kelenjar gondok di batang leher berlebihan (hipertiroid).

Kelenjar gondoknya tidak harus membengkak seperti pada penyakit gondok endemik sebab kekurangan iodium, namun fungsi gondoknya saj ayang berlebihan. karena fungsi gondok berlebihan sehingga menimbulkan keluhan dan gejala seperti di atas itu.

Agar aktivitas gondok berlebihan tidak sampai mengganggu kehamilan maupun anak yang dikandung, gangguan kelenjar gondok begini pun perlu di atasi. Gondok endemik banyak ditemukan pada daerah pegunungan, dimana air tanahnya kurang mengandung yodium.

Jenis Penyakit Gondok

Gondok memiliki beberapa jenis seperti gondok konginetal atau di dapat, endemik atau sporadik dll:

a. Gondok konginetal umumnya bersifat sporadis dan dapat akibat dair pemberian obat-obat antitiroid atau yodium yang terjadi semasa kehamulan atau pernah melakukan pengobatn tirotoksikosis. Yodium dan obat-obat goitrogenik melewati plasenta dan pada dosisi yang tiggi dapat mengganggu sintesis hormon tiroid.

b. Gondok endemik dan kretinisme. Hubungan antara definis diet yodium dan prevalensi gondok atau kretinisme telah diketahui selama lebih dari setengah abad.

c. Gondok yodium. Pada sejumlah kecil penderita yang diobati dengan sediaan yodium selama periode yang lama berkembang menjadi gondok. Yodium umumnya dimasukkan karena pengaruh ekspektorannya pada obat batuk dan pada ramuan paten untuk asma.

d. Gondok sederhana (gondok koloid). Beberapa anak dengan gondok non toksik eutiroid menderita gondok sederhana, keadaan yang etiologinya tidak diketahui yang tidak terkait dengan hipotiroidisme atau hipertiroidisme dan tidak disebabkan oleh radang atau neoplasia. Keadaan ini terutama terjadi pada anak perempuan dan puncak terjadinya sebelum dan selama masa pubertas. Pemeriksaan histologis tiroid normal atau menunjukkan berbagai ukuran kolloid pada dan epitel pipih.

e. Gondok Multinodular. Jarang, gondok yang keras dengan permukaan berlobusi dan tunggal atau banyak nodulus yang dapat diraba dan dijumpai. Daerah perubahan kistik, perdarahan dan fibrosis mungkin ada. Insiden keadaan ini telah menurun tajam dengan penggunaan garam beryodium.

f. Gondok intrakea. Salah satu dari banyak lokasi ektopik jaringan tiroid adalah di dalam trakea. Tiroid intralumen terletak di bawah mukosa trakea dan sering berlanjut dengan tiorid ektratrakea yang terletak secara normal.

Pengobatan Penyakit Gondok

Diagnosis dari penyakit gondok biasanya ditegakkan berdasarkan dari gejala klinis yang muncul dan biasanya juga tidak membutuhkan pemeriksaan khusus seperti pemeriksaan lab. Kecuali jika memang gejala klinsi yang bermunculan sifatnya klasik untuk penyakit ini. Parotitis atau penyakit gondok sendiri adalah salah satu jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang dilakukan biasanya bertujuan dalam membantu mengurangi terjadinya gejala misalnya dengan pemberian parasetamol untuk membantu menurunnkan rasa nyeri dan membantu menurunkan demam yang terjadi. Pengobatan dengan menggunakan obat antivirus hingga saat ini memang masih belum terbukti bisa bermanfaat, dan begitu juga dengan penggunaan obat immunodulator yang bisa bertujuan dalam membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Pemberian dari nutrisi serta cairan yang sifatnya adekuat akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pada penderita penyakit gondok, biasanya masih bisa menjadi salah satu sumber penularan sampai sekitar 10-14 hari dan hal ini terjadi setelah gejala pembengkakan ditemukan. Sebaiknya dalam masa periode ini penderita jangan keluar rumah. Hal ini bertujuan dalam mencegah terjadinya proses penularan yang bisa dilakukan dengan membantu menjaga kebersihan, dimulai dengan mencuci tangan sampai bersih, mencuci bersih alat-alat makan atau juga dengan membersihkan mainan atau membersihkan benda lainnya yang sedang disentuh.

Penyakit Gondok


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondok dan Penyakit Lainnya,Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gondok and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.