Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya

Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya – Penyakit gondok adalah pembengakakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.  Kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Demikian pula, kekurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia bayi dilahirkan dengan kelambatan mental dan atau tuli (kretinisme). Hal ini dapat terjadi, walaupun ibu tidak menderita penyakit gondok.

Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya

Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya

Penyakit Gondok

Semua orang yang tinggal di daerah endemis (daerah yang banyak penderita) gondok harus menggunakan garam beryodium. Garam beryodium dapat mencegah penyakit gondok dan dapat menyembuhkan benjolan gondoknya. Namun benjolan gondok yang lama dan keras hanya dapat dihilangkan dengan pembedahan atau operasi, tetapi tindakan ini tidak selalu diperlukan.

Apabila tidak dapat memperoleh garam beryodium, gunakanlah yodium tinctura (larutan yodium dalam alkohol). Masukkan 1 tetes larutan tersebut dalam segelas air dan minumlah setiap hari. Terlalu banyak larutan yodium dapat menimbulkan keracunan. Minumlah hanya satu tetes sehari. Simpanlah botol di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Garam beryodium merupakan cara pengobatan yang jauh lebih aman.

Kebanyakan Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya pada rakyat untuk penyakit gondok tidak manjur. Akan tetapi, makan kepiting atau makanan laut lainnya dapat membantu penyembuhan karena makanan tersebut mengandung yodium. Mencampurkan sedikit ganggang laut dalam makanan juga menambat kadar yodium. Namun, cara termudah ialah dengan menggunakan garam beryodium.

Penyakit gondok dan penyembuhannya yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang lunak sehingga penderita baisanya tidak diharuskan mengunyah makanan dengan sering dan sebaiknya hindarilah minum minuman yang mengandung asam karena akan menyebabkan timbulnya nyeri. Obat pereda nyeri misalnya adalah penggunaan dari asetamonifen atau juga penggunaan ibuprofen biasanya bisa digunakan dalam membantu mengatasi akit kepala dan juga rasa tidak nyaman yang muncul. Pemberian dari obat gondok jenis aspirin sebaiknya jangan diberikan kepada anak-anak karena hal ini akan beresiko besar menyebabkan terjadinya penyakit sindrom reye. Rasa ketidaknyamanan ini biasanya muncul pada kelenjar parotis ang mengalami pembengkakan yang bisa diredakan dengan cara dikompres dengan menggunakan air dingin atau juga dengan menggunakan air hangat.

Jika memang terjadi pembengkakan pada testis, maka sebaiknya penderita menjalani tirah baring atau bersitirahat dirumah. Gunakan kompres dingin yang bisa dilakukan dalam membantu meredakan rasa nyeri. Jika memang muncul rasa mual dan muntah akibat dari penyakit pankreatitis, maka bisa dilakukan dengan cara memberikan cairan lewat infus.

Komplikasi Penyakit Gondok

Jika penyakit gondok dan penyembuhannya tidak diatasi dengan baik, maka kemungkinan untuk munculnya komplikasi penyakit ini bisa saja terjadi. Beberapa bentuk komplikasi yang terjadi adalah :

  1. Meningoensefalitis
    Biasanya penderita akan menunjukkan sakit kepala yang ringan dan setelah itu disertai dengan gejala muntah-muntah, gelisah, kemudian suhu tubuh yang naik dengan tinggi. Biasanya komplikasi ini merupakan salah satu bentuk komplikasi yang terjadi pada anak-anak dengan sering ditemukannya kasus.
  2. Ketulian
    Biasanya komplikasi lain yang terjadi adalah tuli pada saraf yang terjadi secara unilateral, biasanya jarang terjadi secara bilateral walaupun kejadiannya rendah sekitar 1:15.000. penyakit parotis atau penyakit gondok merupakan salah satu penyebab yang paling utama terjadi pada tuli saraf unilateral, kehilangan yang terjadi pada pendengaran kemungkinan bisa terjadi secara permanen atau juga secara sementara.
  3. Orkitis
    Orkitis merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi pada satu atau juga pada kedua testis. Dan setelah penyakit ini sembuh, maka testis biasanya akan mengempis.
  4. Ensefalitis dan penyakit meningitis
    Peradangan yang terjadi pada otak atau juga pada bagian selaput otak. Gejalanya bisa ditandai dengan rasa sakit kepala, kaku pada kuduk, mengantuk, dan mengalami koma atau juga mengalami kekejangan.
  5. Ooforitis
    Biasanya hal ini terjadi dengan munculnya rasa sakit pada bagian pelvis dan kemudian ditemukan pada sekitar 7
    % untuk penderita wanita yang mengalami pasca pubertas.
  6. Pankreatitis
    Peradangan yang terjadi pada pankreas, biasanya akan terjadi pada akhir mingg pertama. Biasanya gejala yang akan dirasakan oleh penderita adalah seperti mual dan muntah serta sakit perut. Gejala ini kemudian akan menghilang setelah dalam waktu 1 minggu dan penderita baisanya akan sembuh total. Kemudian sakit perut yang sering dengan sifat yang ringan sampai sedang baisanya akan muncul secara mendadak pada penyakit ini. Biasanya gejala nyeri yang terjadi yang juga disertai dengan pusing atau sakit kepala, mual, muntah, demam tinggi, tubuh yang menggigil, lesu dan lelah, adalah beberapa gejala penyakit pankreatitis dan juga akibat penyakit gondok.
  7. Nefritis
    Terkadang, komplikasi yang terjadi juga bisa saja terjadi sebagai salah satu bentuk komplikasi penyakit gondok. Misalnya adalah seperti fungsi ginjal yang bisa terjadi pada setiap penderita dan juga vivuria yang sudah terdeteksi pada sekitar 75%. Dan frekuensi dari keterlibatan ginjal untuk anak-anak hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas. Kelainan nefritis yang bisa menjadi sangat mematikan, dan terjadi sekitar 10-14 hari setelah mengalami penyakit gondok atau gondongan. Nefritis yang sifatnya ringan bisa saja terjadi namun juga biasanya jarang terjadi. Selain itu, keluhan ini juga bisa sembuh total tanpa adanya suatu kelainan pada ginjal yang bsia menimbulkan sakit ginjal.

Penyakit Gondok Dan Penyembuhannya


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondok dan Penyakit Lainnya,Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gondok and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>